Rabu, 18 Juni 2014

Yogurt Minuman Kesehatan Saat Puasa

Yogurt Minuman Kesehatan Saat Puasa manfaat jeruk nipis untuk wajah TRIBUNNEWS.COM, CISARUA - Banyak orang yang beranggapan mengonsumsi yogurt saat berpuasa tidak baik karena rasa asamnya yang berbahaya bagi lambung. Padahal tidak. Yogurt justru menyimpan banyak kebaikan bagi kesehatan manusia, khususnya saat menjalankan ibadah puasa.

Ini tak lepas dari peran bakteri baik yang terkandung dalam minuman hasil fermentasi dari susu itu, yakni Lactobacillus bulgaricus dan Stereptococus thermopilus.

Ahli Gizi dari Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor Profesor Hardinsyah beberapa manfaat yogurt bagi mereka yang berpuasa saat temu media "Puasa Sehat Bersama Yogurt" yang digelar Cimory, Rabu (18/6/2014) siang.


1. Mengoptimalkan pencernaan dan penyerapan zat gizi
"Dalam hal pencernaan, bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Stereptococus thermopilus menghasilkan enzim yang dapat mengurai gizi dalam makanan lebih banyak. Tubuh pun memeroleh gizi lebih banyak," ujar Hardinsyah.

2. Rasa kenyang lebih lama
Yogurt merupakan minuman fermentasi yang padat gizi dan berserat tinggi sehingga membuat rasa kenyang bertahan lebih lama.

3. Mencegah konstipasi
Risiko mengalami konstipasi meningkat kala berpuasa karena tubuh jarang bergerak. Bakteri baik dalam yogurt juga memiliki fungsi detoksifiasi sehingga tubuh bebas dari masalah susah buang air besar. "Namun supaya detoks lebih maksimal harus dibarengi dengan konsumsi buah dan sayur lebih banyak," katanya.

4. Minuman dingin memberi sensasi untuk minum banyak
Menikmati yogurt dingin dapat memicu tubuh untuk meminum cairan lebih banyak. Seperti diketahui, cairan menjadi "barang mahal" saat berpuasa karena tubuh kehilangan banyak cairan.

5. Menangkal bau mulut
Hardinsyah menjelaskan bakteri baik dalam yogurt bersifat asam yang dapat menjaga keseimbangan pH sehingga membunuh bakteri jahat penyebab bau mulut.

6. Meningkatkan imunitas tubuh
Hardinsyah mengatakan tidak ada takaran khusus dalam mengonsumi yogurt. Bagi mereka yang tidak begitu suka dengan rasa asam, ia menyarankan untuk meneguk air mineral sebelum mengonsumsi yogurt guna menetralkan rasa asam. "Atau mencampurnya dengan buah-buah manis," katanya.

artikel lainnya : manfaat jeruk nipis

1 komentar:

  1. buah buahan juga bagus...tapi bagusnya cek dulu ini:
    warna kecing menurut kesehatan
    Mohon dijawab ya min, saya bookmark dulu blog pendidikan ini hehe, terima kasih.

    BalasHapus